Pesan Menteri Agama kepada Jemaah Haji

kakbahkini

Jakarta (5/11/08)

Untuk memperoleh haji yang mambrur harus diawali dengan niat tulus dan melaksanakan ibadah haji dengan cara yang benar, yang diajarkan Allah SWT dan Rasul Nya serta menjauhi sifat rafats, fusuq dan jidal

“Jauhilah hal hal yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan kemabruran haji seperti perbuatan rafats, fusuq dan jidal”, imbau Menteri Agama dalam pelepasan jamaah haji nasional yang dilakukan secara simbolis di Jakarta pada 5 Nopember lalu.

“Laksanakan ibadah dengan tertib dan khusus dengan mentaati peraturan edan jadwal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan petunjuk panduan yang diberikan PPIH setempat” pinta Maftuh. “Buanglah jauh jauh sikap egois, arogan dan meremehkan orang lain” ujarnya lagi.

Namun, sebaliknya dia meminta kepada jamaah yang siap berangkat berseragam jas hijau telur menurut pada petugas yang membimbing ibadah mereka agar membangun sifat kasih sayang dan semangat kebersamaan. Perkuat persaudaraan, perkokoh kesatuan, kembangkan jiwa solidaristas, pupuk toleransi dan saling menghormati.

“Tampillah sebagai sosok haji Indonesia yang santun dan berakhlakul karimah” imbaunya sembari mengingatkan bahwa perjalanannya ke tanah suci untuk beribadah bukan perjalanan biasa. Oleh karena itu, untuk menjamin agar prosesi manasik hajinya berjalan dengan baik, perlu ditunjang oleh fisik dan mental yang baik,” katanya. Diperlukan pula strategi pengelolaan waktu dan kegiatan agar energi dan stamina tidak terforsir sebelum waktunya yang dapat mengakibatkan kondisi kesehatan dan mental menurun pada saat rangkaian kegiatan ibadah mencapai puncaknya.

“Pengaturan ini menjadi sangat penting mengingat kondisi pemondokan haji Indonesia di Makkah pada waktu ini relative jauh jaraknya ke Masjdil Haram disbanding tahun sebelumnya,” jelasnya (TasnimMuin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: