Pemondokan Jamaah Haji Indonesia

Musim haji tahun 1429 H / 2008 M ini, pada umumnya jamaah haji Indonesia mendapatkan pemondokan yang jauh dari Masjidil Haram. Sekitar 20 % saja yang berada dekat Masjidil Haram (berjarak antara 800 – 1.400 m) selebihnya 80 % berada diatas 1.500 m dari Masjidil Haram. Jamaah haji yang berada diradius 2.000 m lebih tergolong dalam wilayah ring 2. Setiap jemaah haji Indonesia yang menempati pemondokan di Mekah pada ring II akan menerima uang pengembalian sebesar antara 100 Riyal hingga 200 Riyal. Sedangkan yang menempati pemondokan paling dekat dengan Masjidil Maram atau masuk ring I yang berjarak antara 500 M – 1,4 KM tidak dapat pengembalian.

Wilayah pemondokan ring I terdiri Jarwal, Hafair, Sulaiminiah, Ja’fariyah, Ma’abdah, Misfalah dan Jiad, selebihnya masuk ring II. Hal ini dijelaskan Direktur BPIH (Beaya Perjalanan Ibadah Haji) Depag Pusat Drs H Abdul Ghofur saat meninjau embarkasi Adisumarmo Solo Kamis, 13 November kemarin. Mengenai besaran pengembalian dapat diketahui setiap jemaah di pemondokan mereka.

Diakuinya, untuk besaran pengembalian tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu yang disesuaikan harga sewa pemondokan. ”Tahun ini dipilah-pilah menurut wilayah atau zona dari pemondokan.”, jelasnya.

Menurutnya, saat ini pemondokan untuk jemaah haji lebih banyak menempati pada ring II yang berjarak antara 1.5 KM – 8 KM, sehingga pemerintah juga menyediakan bus untuk antar jemput dari Masjidil Haram menuju pemondokan dengan menyediakan 11 terminal bus.

Sehubungan dengan jarak yang cukup jauh pemondokan dengan Masjidil Haram, Sekretaris PPIH Embarkasi Solo DR. H. Abdul Choliq MT, MAg menghimbau agar setiap jemaah calon haji selalu memakai seragam nasional dan selalu berkelompok, membawa uang secukupnya, sabar menunggu bus jemputan, ikhlas dan tawakal dalam beribadah, utamakan menjaga kesehatan dan tidak memforsir tenaga ke Masjidil Haram. Selain itu, setiap ketua regu dan rombongan agar sering berkoordinasi dengan ketua kloter.

Hingga hari kesembilan, jemaah haji yang sudah menuju Arab Saudi sebanyak 8.444 orang. (informasi haji.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: