Ribuan Calhaj Berebut Masuk Raudhah

masjid-nabawiBontang, Kaltim.

” Antara mimbarku dengan rumahku adalah raudhah (taman) dari taman-taman surga “, demikian hadits Nabi saw mengatakan.

Saat ini, setiap harinya tidak kurang dari 100 ribuan calon jamaah haji memadati Masjid Nabawi untuk menunaikan shalat fardhu sebanyak 40 waktu (Arbain). Hadits Nabi saw : ” Barangsiapa shalat di masjidku sebanyak 40 waktu tidak pernah terputus, maka dibebaskan dia dari api neraka “.

Hadits inilah yang mendasari para tamu-tamu Allah yang berada di Madinah untuk melaksanakan shalat fardhu sebanyak 40 kali. Selain melaksanakan shalat fardhu tersebut, para calon jamaah haji juga berebut kesempatan untuk dapat masuk ke areal Raudhah untuk merasakan salah satu taman dari taman-taman syurga sebagaimana hadits Rasulullah tsb diatas.

Itulah yang membuat para calon jamaah haji rela untuk berdesak-desakan guna memasuki raudhah. Akibatnya, tidak jarang ada calon jamaah haji yang sampai jatuh pingsan karena kekurangan oksigen akibat dari berdesak-desakan tersebut. Untuk itu, pihak pemerintah Arab Saudi menambah personel penjaga keamanan di sekitar areal Raudhah ini.

Sebenarnya, memasuki raudhah ini bukanlah termasuk dalam rangkaian ibadah haji, demikian pula halnya shalat Arbain. Namun, karena kesempatan melaksanakan ibadah haji belum tentu datang tiap tahun, oleh karena itu para calon jamaah haji rela untuk berdesak-desakan memasuki raudhah.

Oleh karena itu, demi keamanan dan keselamatan calon jamaah haji, dihimbau untuk tidak memaksakan diri memasuki areal raudhah tersebut. (Tasnim Muin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: