Ibadah Haji dan Pelaksanaannya

Bontang.

Ibadah haji adalah merupakan rukun Islam ke lima yang diwajibkan atas semua ummat Islam yang mampu, sekali seumur hidup.

Perintah yang mewajibkan melaksanakan ibadah haji turun pada tahun ke-6 Hijirah yang didasari dengan turunnya wahyu Allah ” Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah ” (Al Baqarah : 196). Adapun dasar yang mewajibkan ibadah haji adalah Al Qur’an Surat Ali Imran : 187 yang berbunyi ” walillahi ‘alan naasi hijjul baiti manis tathaa’a ilaihi sabiila ” (dan Allah mewajibkan atas manusia untuk berhaji ke baitullah bagi mereka yang mampu).

Ibadah haji menurut bahasa artinya melakukan perjalanan ke suatu tempat yang telah ditetapkan dan telah disucikan yakni baitullah. Sedangkan menurut syar’i, haji artinya adalah menyengajakan diri untuk mengunjungi Mekkah guna melaksanakan ibadah yang diperintahkan seperti thawaf, sa’i, wukuf, melontar dan manasik-manasik lainnya untuk melaksanakan perintah Allah swt dan mendapatkan ridha-NYA.

Makna pelaksanaan ibadah haji, intinya adalah :

a. Mengakui keesaan Allah swt; b. Meyakini bahwa dalam kehidupan ini ada neraca timbangan Allah swt yang akan diterima oleh manusia di hari akhir kelak; c. Mengakui bahwa tidak ada perbedaan sesama manusia kecuali iman dan taqwa masing-masing.

Namun hal terpenting dari ritual pelaksanaan ibadah haji adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah swt secara penuh kesadaran, dan kesadaran itu muncul seiring dengan niat dan tekad bulat dari dalam hati setiap insan.

Saya berdoa, semoga setiap insan diberi petunjuk dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji, dan bagi mereka para duyufurrahman, semoga dalam melaksanakan ibadah haji mendapatkan ridha, perlindungan dan rahmat Allah swt sehingga kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur.

Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: