Awal Ramadhan 1429 H

Bontang (25/8/2008).

Awal Ramadhan 1429 H diperkirakan akan bertepatan dengan tanggal 01 September 2008 M. Hal ini jika dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode Ilmu Falakiyah dimana posisi bulan saat matahari terbenam di wilayah Kaltim umumnya pada tanggal 31 Agustus 2008 M adalah berada pada posisi 5o 6’. Menurut perhitungan, posisi bulan dapat dilihat adalah minimal 2o.

Sehingga dengan demikian, maka pada keesokan harinya yakni tanggal 01 September 2008 M akan dimulai bulan baru yakni Bulan Ramadhan 1429 H.

Posisi bulan pada tanggal 31 Agustus 2008 di wilayah Kaltim tersebut, hamper sama dengan di wilyaha Indonesia lainnya, dimana pada umumnya di seluruh wilayah Indonesia, posisi bulan saat matahari terbenam pada hari itu berada dikisaran posisi 4 o sd 7 o, sehingga diperkirakan, 1 Ramadhan 1429 H akan bertepatan dengan tanggal 1 September 2008 M di seluruh Indonesia.

Namun demikian, untuk kepastian tentang awal Ramdhan 1429 H, dihimbau agar tetap menunggu keputusan hasil Sidang Itsbat yang akan dilaksanakan oleh Menteri Agama di Jakarta. (TnMUIN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: